Tentang Jerawat

Mencegah jerawat bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan buruk ke kebiasaan baik. Menjaga pola makan yang sehat dan menjaga kebersihan diri menjadi cara untuk mencegah timbulnya jerawat di kulit.

Lantas apa saja kebaikan baik yang harus diterapkan agar jerawat dapat dicegah? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Rutin cuci muka

Tujuan mencuci muka dengan air bersih adalah untuk memperbaiki penampilan kulit dan menjaga agar kulit bersih.

Tahukah Anda, bahwa jerawat banyak tumbuh karena kondisi minyak berlebih dan kulit yang kotor. Apabila wajah tidak dicuci bakteri penyebab jerawat akan mudah berkembang biak dan tersebar ke seluruh permukaan kulit.

Agar efektif, Anda bisa menggunakan sabun cuci muka yang diformulasikan untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Ingat, jangan mencuci muka terus menerus karena itu akan berbahaya. Cuci muka idealnya dilakukan dua kali sehari. Jika berlebihan mencuci muka, kulit akan menjadi kering yang justru bisa memperparah jerawat.

2. Menjaga kebersihan rambut

Rambut memiliki kandungan minyak alami.  Jika tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama, minyak akan terus bertambah. Jumlah minyak yang berlebihan akan mengalir ke kulit. Inilah yang bisa memperparah jerawat.

Jerawat bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan rambut. Caranya simpel, Anda hanya perlu rutin keramas dan saat keramas jangan pernah lupakan garis rambut sebab bagian inilah yang terkadang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Ada hal yang tak kalah penting yaitu jangan gunakan produk perawatan rambut yang berbentuk gel atau spray. Produk tersebut dapat membuat pori-pori tersumbat yang selanjutnya akan mengakibatkan jerawat timbul.

3. Gunakan skincare yang sesuai

Kebiasaan menjaga kebersihan wajah dan rambut tidak cukup. Ada yang tak kalah penting yaitu menggunakan produk skincare dan make up yang tidak menyumbat pori atau memicu jerawat. Anda bisa memilih produk non acnegenic dan non comedogenic. Aplikasikan produk skincare setelah Anda membersihkan wajah.

Terapkan kebiasaan mengaplikasikan pelembab yang bertekstur ringan tapi bebas alkohol. Selain itu, pakailah tabir surya ber SPF yang berbasis mineral. Itu semua dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

4. Menjaga kebersihan barang-barang pribadi

Ada beberapa barang-barang di sekitar Anda yang dapat memicu jerawat. Barang pribadi misalnya kuas make up, sprei, sarung bantal, handuk untuk muka, dan masker kain bisa menjadi sarang penumpukan sel kulit mati dan bakteri. Apabila sel kulit mati dan bakteri tertransfer ke wajah, maka pori-pori bisa tersumbat dan inilah yang menyebabkan jerawat bisa timbul.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya selalu bersihkan barang-barang tersebut secara rutin.  Untuk sprei dan sarung bantal sebaiknya rutin diganti seminggu sekali. Kuas make up harus dibersihkan setiap kali habis digunakan. Handuk untuk wajah setelah digunakan segera jemur dan rutin ganti setidaknya seminggu sekali.

5. Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi stres

Stres menjadi salah satu penyebab peradangan yang dapat memperburuk kondisi jerawat. Untuk menghindarinya, Anda perlu melakukan hal-hal yang bermanfaat sekaligus menyenangkan diri Anda agar tingkat stres bisa berkurang. Beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan diantaranya yoga, bermeditasi, bersantai, sebelum tidur cobalah membaca atau mandi agar rileks, berlibur menikmati alam, pergi berolahraga atau ke tempat gym, dan melakukan hobi yang diminati  seperti memasak, berkebun, bersepeda dan yang lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan baik yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Cobalah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar kulit menjadi lebih sehat bebas jerawat.