Cara Mudah Menyatukan File di Word

Cara Mudah Menyatukan File di Word

zionteam.org – Anda merasa kerepotan mencari beberapa file dalam format word yang ada di dalam dokumen? Jika itu masalahnya, Anda membutuhkan cara menggabungkan file word menjadi 1. Metode ini dapat membantu Anda dalam menyatukan dokumen yang terpisah ataupun menggabungkan beberapa versi dokumen dengan format sama untuk dijadikan satu berkas yang baru. 

Langkah Menggabungkan File Word

Beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Mulailah dengan membuka dokumen word yang ingin Anda satukan. Cara yang paling mudah adalah dengan klik sebanyak dua kali pada berkas yang diinginkan agar dapat dibuka di word. Selain itu Anda juga bisa klik pada menu file di jendela word, lanjutkan dengan open dan klik dokumen yang ingin disatukan. 
  2. Selanjutnya klik area yang ingin disatukan dengan dokumen yang lain. Nantinya teks yang berasal dari dokumen tambahan akan masuk di area yang sudah Anda klik. 
  3. Langkah berikutnya silahkan klik tab insert yang posisinya berada di atas layar yaitu diantara draw dan home.
  4. Seanjutnya klik tombol object yang terletak di panel text di tab dan insert yang ada di sudut kanan atas jendela word. 

(Apabila Anda ingin menyatukan teks polos ke dalam suatu dokumen tanpa menggunakan format yang lain, gambar ataupun font yang berbeda, Anda dapat mempersingkatnya. Caranya yaitu dengan klik panah di bagian samping object lalu pilihlah text from file. Selanjutnya Anda tinggal melanjutkan ke langkah nomor 7 karena akan lebih singkat dan simple. 

  1. Klik tab create from file yang posisinya ada di pilihan kedua yang ada di jendela object
  2. Setelah itu tekan tombol browse di jendela penelusuran pada berkas yang akan digunakan
  3. Step selanjutnya pilihlah dokumen yang ingin Anda gabungkan
  4. Lanjutkan dengan klik pada tombol insert dan nantinya jendela penelusuran berkas akan ditutup. Berkas selanjutnya ditambahkan ke dalam kolom file name. 
  5. Langkah terakhir yaitu dengan klik bagian tombol ok untuk menambahkan kembali isi dokumenyang sudah dipilih dan nantinya akan muncul di daerah yang sudah ditandai oleh kursor. 

Sebagai catatan, format asli dari dokumen word dan dokumen RTF yang lain biasanya akan tetap dipertahankan saat digabungkan menjadi satu. Namun di beberapa dokumen, hasilnya akan menjadi jenis atau format berkas yang berbeda. Bila Anda ingin melakukannya lagi, Anda bisa mengulangi langkah seperti yang sudah dipaparkan di bagian atas. 

Selain itu Anda juga dapat melakukan beberapa metode lain untuk menggabungkan beberapa file agar dapat menjadi satu, salah satunya dengan combine word online. Tapi untuk menggunakan cara ini Anda harus menggunakan koneksi internet. Bila tidak memiliki jaringan internet, Anda dapat melakukannya seperti langkah diatas. 

Baca Juga : Langkah Membuat Garis Lengkung Dengan Pen Tool Di Photoshop

Dengan mengetahui beberapa step cara menggabungkan file word menjadi 1 ini dapat membantu Anda dalam menyatukan file yang dimiliki. Mengorganisir file penting harus dilakukan dengan baik agar nantinya tidak kebingungan saat Anda membutuhkannya.