Cara Membuat Amplop Di Word Dengan Mudah Dan Anti Ribet

Cara Membuat Amplop Di Word Dengan Mudah Dan Anti Ribet

zionteam.org – Pasalnya, aplikasi pembuat naskah atau dokumen tertulis yang satu ini memiliki fitur yang cukup menarik, yaitu membuat amplop di Word. Tentu saja fitur yang satu ini kebanyakan akan dibutuhkan oleh pihak-pihak yang memerlukan pencetakan envelopes dengan format yang rapi. 

Contohnya sebuah perusahaan ketika akan mengirimkan surat undangan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), pastinya akan memerlukan proses pencetakan amplop dengan logo perusahaan agar nantinya surat undangan tersebut terlihat eksklusif serta resmi. Untuk mengetahui cara print amplop surat di Word 2007 dan yang terbaru, yuk ikuti ulasan lengkap dari kami berikut ini!

Cara Membuat Amplop Pada Word Dengan Mudah 

Pada dasarnya, Anda bisa memanfaatkan Microsoft Word dalam semua versi (baik 2007 atau yang terbaru) untuk melakukan pencetakan amplop dengan mudah secara digital. Nah, bagi para pengguna Microsoft Windows, kami memiliki berbagai rekomendasi langkah-langkah yang efektif digunakan untuk mencetak amplop melalui aplikasi Word. Berikut ini diantaranya : 

  1. Pada langkah pertama, terlebih dahulu bukalah aplikasi Ms. Word dengan berbagai versi. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan aplikasi tersebut dalam versi 2010. 
  2. Lalu klik “Blank Document” untuk membuka lembaran bersih Word yang baru dengan tanpa ada tulisan sedikitpun. Jangan klik apapun pada lembar baru ini, langsung saja melangkah pada cara nomor 3. 
  3. Setelah itu pilih tab “Mailings” pada barisan tabs yang tampak pada bagian atas Ms. Word. Pada tab tersebut, bisa Anda lihat berbagai menu, termasuk menu “Envelopes”. Pada Ms. Word versi 2007, Anda bisa mengklik “Create” > “Envelopes”. 
  4. Setelah itu akan muncul sebuah layar “Envelopes and Labels”, lalu ketikkan secara lengkap alamat pengiriman pada kolom “Delivery address”. 
  5. Jika Anda sudah mengetikkan alamat pengiriman, pastikan Anda mengetikkan alamat pengembalian pada kolom “Return address” yang tertera pada layar yang sama. Pastikan kembali kedua jenis alamat tersebut benar. 
  6. Langsung saja klik pada tombol “Options…” pada bagian bawah layar, lalu Anda diarahkan untuk melakukan setting terkait tampilan amplop pada “Envelope Options”. 
  7. Setelah itu Anda bisa melakukan pengaturan terkait ukuran amplop yang ingin dicetak pada bagian “Envelope Size”, pilih ukuran terbaik yang Anda inginkan. 
  8. Jangan lupa untuk melakukan klik pada tab “Printing Options” untuk memilih opsi terbaik pencetakan amplop yang telah di-setting secara digital. Setelah Anda mengklik “OK” > “Print” secara otomatis amplop yang telah Anda atur bisa dicetak melalui printer yang tersambung dengan komputer penyunting yang Anda gunakan. 

Baca Juga : Cara Mudah Menyatukan File di Word

Bagaimana, mudah bukan cara membuat amplop di Word secara manual dengan mudah dan praktis yang telah kami beritahukan tersebut? Dengan mempraktekkan cara-cara itu, Anda tidak perlu lagi menulis alamat dengan tulisan tangan pada amplop yang ingin Anda kirimkan pada orang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *