Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli

Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli

zionteam.org – Kesehatan merupakan salah satu hal paling berharga yang harus kita jaga. Untuk menjadi sehat, banyak cara yang bisa kita lakukan; makan bergizi, tidur teratur, berolahraga, dan banyak lagi. Jika bicara olahraga, banyak olahraga dengan jenis permainan yang bisa Anda pilih, salah satunya ialah permainan voli. Di dalam permainan voli terdapat banyak aturan dan teknik yang perlu Anda kuasai.

Untuk tekniknya sendiri terdapat beberapa jenis, yakni service, passing bawah, passing atas, menghadang (blocking), serta smash. Smash merupakan teknik yang memiliki fungsi untuk melakukan serangan. Salah satu cara smash bola voli ialah Anda diharuskan untuk melakukannya dengan keras sehingga lawan tidak sempat menghentikan bola sebelum akhirnya jatuh di wilayah lawan.

Jika smash tidak dapat dihentikan oleh lawan, Anda beserta tim akan mendapatkan poin. Namun untuk melakukannya bukan sekedar asal pukul saja, tetapi butuh dilakukan dengan teknik yang benar. Di bawah ini akan kami bagikan cara smash bola voli yang baik.

Cara Melakukan Smash dengan Baik

Dari beberapa teknik yang ada pada permainan voli, teknik smash merupakan salah satu yang paling efisien untuk melakukan serangan. Menguasai teknik ini bisa menjadi kunci untuk mendapatkan poin, yang pada akhirnya menjadi kunci kemenangan. 

Namun Anda harus berhati-hati dalam melakukannya, karena jika tidak dilakukan dengan benar bisa jadi bola yang dipukul terkena net dan hal tersebut akan memberikan kerugian bagi tim Anda. Maka dari itu, di bawah ini akan kami jabarkan langkah-langkah dasar yang harus Anda pahami seputar teknik smash:

1. Langkah Awalan

  • Pada tahap ini, Anda diharuskan untuk memposisikan diri Anda kurang lebih 3 meter dari net
  • Lalu, pastikan tubuh Anda dalam keadaan tenang dan rileks. Di sini penguasaan diri sangat dibutuhkan
  • Selanjutnya condongkan tubuh depan. Bagian ini mengharuskan Anda untuk sedikit membungkukan badan
  • Pastikan tubuh Anda bertumpu secara seimbang di kedua kaki Anda

2. Tolakan

  • Kemudian maju sejauh kurang lebih 2 langkah
  • Lalu hentakkan kaki Anda ke lantai, diikuti dengan ayunan kedua tangan Anda ke arah depan
  • Lakukan lompatan secara seimbang, dan pastikan arah lompatan Anda selurus mungkin ke atas atau vertikal

3. Eksekusi

  • Di tahap ini Anda sudah berada di udara. Condongkan bahu dan lengan Anda ke arah belakang untuk bersiap memukul bola yang datang
  • Pastikan telapak tangan terbuka sepenuhnya. Fokuskan mata Anda ke arah bola

4. Mendarat

  • Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki, pastikan posisi lutut Anda sedikit menekuk
  • Saat mendarat, seringkali tubuh dalam keadaan tegang karena baru saja mengeluarkan tenaga. Kuasai kembali diri Anda dengan berusaha serileks mungkin
  • Jika tubuh dalam keadaan tenang, Anda dapat bersiap kembali menerima serangan

Baca Juga : Cara Gratis Ongkir Lazada yang Harus Anda Coba

Langkah-langkah di atas merupakan cara smash bola voli yang benar. Kuasailah teknik di atas dan menangkan tim Anda dalam pertandingan voli.